Jokowi dan Seni Membujuk

Saya lupa bagaimana nama Tuan Joko Widodo, Jokowi,  mendadak nongol dalam obrolan pagi itu.

“Amin Rais bilang Jokowi walikota yang gagal,” kata teman saya. Amin Rais adalah mantan ketua MPR RI 1999-2004, sekaligus pendiri partai PAN, partai yang mendukung lawan Tuan Jokowi di Pemilukada DKI Jakarta 2012. Amin Rais orang Solo. Tuan Jokowi masih walikota Solo ketika maju sebagai kandidat gubernur.

“Amin Rais mau Jokowi marah. Mungkin itu jebakan,” kata teman saya, yang juga wong Solo. Teman saya ketawa, “Jokowi malah bilang ke Amin Rais: ‘Kalau begitu saya harus belajar dari Pak Amin supaya menjadi walikota yang lebih baik’.”

Lanjut dia: “Ketika Fauzi Bowo menelepon Jokowi memberi selamat, apa kata Jokowi?” matanya memandang saya lalu berpindah ke kawan saya yang lain. “Justru saya yang harus belajar dari Pak Fauzi yang lebih berpengalaman!” Fauzi Bowo adalah Gubernur incumbent.

Ckkkk. Ckkk.ckkkk. Itulah seorang Jokowi,” katanya mengakhiri obrolan kami.

Robert Cialdini, Psikolog terkenal penulis buku Influence, dalam satu wawancara memberi dua tips bagaimana bisa memenangkan orang yang tidak menyukai kita.

Yang pertama: Beri orang itu pujian yang tulus. Yang kedua: Minta pendapat atau nasihat dari dia.

Tidak mudah memang memuji orang yang menjaga jarak dengan kita; tapi kalau mau jujur, setiap orang punya kelebihan masing-masing. Jika kita melakukan langkah positif ini, mungkin tindakan tersebut bisa mencairkan suasana, dan barangkali bisa merubah persepsi orang ini terhadap kita.

Lalu orang biasanya merasa dihargai ketika ada yang meminta saran dari mereka, ego-booster. Kita seolah-olah mengatakan: Anda jauh berpengetahuan dibanding saya karena itu saya datang kepada Anda. Dan saya kira sebagian besar manusia pada dasarnya senang membantu orang lain, meski itu hanya sepotong nasihat.

*****

7-Eleven Trans TV, 30 September 2012.

0 Responses to “Jokowi dan Seni Membujuk”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Author

Julitra Anaada:

Born and grew up in Talaud Islands, the northernmost, and one of the remotest, parts of Indonesia.

He earns living in Jakarta, the capital.

All posts are his own work, unless stated otherwise. For non-fictional piece, the opinions are strictly personal views.

He can be reached at julitra dot anaada at gmail.com.

Tweets

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 23 other followers


